[DIY] Langkah-langkah Memasang Lantai Vinyl beserta Video

Sebelumnya DesainRumahLuarNegeri.com sudah pernah memberikan tips singkat cara memasang sendiri vinyl pada lantai. Di artikel ini kami memberikan tips yang lebih mendetail serta video tentang cara memasang vinyl.

Vinyl saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai alternatif lantai keramik dan lantai parquet. Vinyl motif kayu yang membuat suasana rumah menjadi asri, selain pemasangan dan perawatan yang bisa dibilang cukup mudah. Sehingga tidak menganggu kenyamanan penghuni rumah ketika instalasi dilakukan.

Berikut Langkah-Langkah Memasang Lantai Vinyl Sendiri [DIY - Do it Your Self]

Tahap Persiapan 

1. Mempersiapkan semua alat yang diperlukan untuk pemasangan vinyl
  1. Vinyl itu sendiri, dengan motif dan warna yang diinginkan.
  2. Lem fox/Aica Aibon, bisa juga menggunakan doubel tape.
  3. Alat pengukur : Penggaris siku, Pensil, Meteran.
  4. Roller, Kuas, Seng/Kape Plastik, Pisau Cutter.
2. Mempersiapkan lantai/ruangan yang akan dipasangi lantai vinyl
  1. Lantai/ruangan yang akan dipasang harus halus dan kering, usahakan sebelum pemasangan vinyl lantai harus sudah bersih dari debu. Gunakan vakum cleaner jika dibutuhkan. Pembersihan ini bertujuan agar hasil akhir tidak bergelombang.
  2. Ukur lantai/ruangan yang akan dipasang.
  3. Gunakan Lem fox/Aica aibon atau dobel tape pada lantai dan permukan dalam vinyl. Usapkan secara merata dan diamkan sejenak. Usahakan lem tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Tahap Pemasangan

Pemasangan lantai vinyl
Gambar dari : http://www.pinterest.com/pin/523402787913156533/
  1. Tentukan alur pemasangan vinyl, sesuaikan dengan bentuk rumah dan selera anda. Gunakan alat pengukur yang telah disiapkan. Buatlah garis alur menyesuaikan pintu, jika tidak sama lurus maka buat alur sendiri. Ini menghindari pemasangan yang tidak lurus.
  2. Jangan biarkan lem mengering, idealnya lem harus setengah kering ketika pemasangan.
  3. Pasang vinyl satu persatu menurut alur/garis yang telah dibuat. Pemasangan vinyl bisa menggunakan motif bata/menurut motif vinyl itu sendiri atau sesuai selera anda.
  4. Setelah lem merekat kuat antara lantai dan vinyl, pastikan tidak ada permukaan yang bergelembung. Jika ada penggelembungan, lakukan perekatan ulang, untuk hasil yang lebih baik lakukan dengan perlahan dan pastikan perekatan merata disetiap sisi vinyl.

Tahap Akhir/Finishing

Setelah proses pemasangan, lakukan proses finishing.
  1. Sambungan antar vinyl harus direkatkan dengan lem yang memiliki warna yang sama.
  2. Bersihkan vinyl dari debu dari tahap pemasangan dengan menggunakan lap yang bersih dan lembab. 
  3. Beberapa hari kemudian pel lantai vinyl agar hasil lebih maksimal.

Video Langkah Pemasangan Vinyl



Proses pemasangan lantai vinyl tidak memakan waktu lama. Hitung dengan seksama jumlah vinyl yang dibutuhkan agar tidak kelebihan/kekurangan. Waktu yang tepat untuk pemasangan lantai vinyl adalah siang hari agar lem cepat merekat.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment